Bandara Bangkok Bandara Internasional Suvarnabhumi

Bandara Internasional Suvarnabhumi merupakan bandara baru untuk menggantikan Bandara Internasional Don Muang. Terletak di provinsi Samut Prakan, Racha Thewa, distrik Bang Phli, sekitar 25 kilometer sebelah timur Bangkok. Nama Suvarnabhumi dipilih oleh Raja Bhumibol Adulyadej yang artinya tanah emas. Bandara ini mempunyai menara kontrol dengan tinggi 132,2 meter, menjadikannya sebagai bandara dengan menara kontrol tertinggi di dunia.

Luasnya bandara (563.000 meter persegi) ini juga menjadikan Suvarnabhumi sebagai bandara yang mempunyai luas terminal tunggal kedua di dunia di bawah Bandara Internasional Hong Kong. Selain itu di Asia, Bandara Internasional Suvarnabhumi juga menjadi bandara tersibuk keempat di bawah Bandara Internasional Haneda, Bandara Internasional Beijing dan Bandara Internasional Hong Kong.

Dirancang oleh seorang arsitek asal Jerman Helmut Jahn, bandara baru itu di buat dengan sebuah desain struktur berangin yang tampilannya sangat futuristik. Didalam bangunan ini akan ditemukan bagian yang memiliki ciri khas sebuah ruang dengan tempat terbuka yang berbentuk oval. Selain itu sistem pengatur suhu dialam gedung di rancang sedemikian rupa sehingga bisa menghemat energi, serta sejumlah keistimewaan lainnya terutama dalam konstruksi penopang bangunan bandara.

Ada dua terminal utama di bandara Suvarnabhumi ini yaitu terminal internasional dan domestik. Terminal kedatangan berada di lantai 1 dasar (First Floor Ground) dan terminal keberangkatan internasional berada di lantai 3. Kedua terminal ini masih dalam 1 area tempat yang di hubungkan dengan sebuah jalan (footway).

Komplek Terminal Penumpang / The Passenger Terminal Complex (PTC)
PTC mempunyai 10 gerbang pintu masuk yang di lalui oleh 2 jalan utama yaitu jalur masuk dan jalur keluar. Secara keseluruhan terhubung dengan 7 tempat terbuka (hall) dengan masing-masing penamaan A, B, C, D, E, F, and G. Bangunan A dan B diperuntukan untuk penerbangan lokal / Domestik dan bangunan lainnya diperuntukan untuk penerbangan internasional. Kedua bangunan ini berada dalam 1 atap.
The Passenger Terminal Complex (PTC) terdiri dari :

Lantai 1 Lobi tempat bus bandara, Taksi, kendaran pribadi
Lantai 2 Lobi kedatangan, Kaunter Pelayanan transfer, Pengambilan Bagasi, Imigrasi, Kaunter untuk Transportasi dan akomodasi
Lantai 3 Ruang pertemuan, akses gedung parkir
Lantai 4 Keberangkatan, Kaunter Pusat Pelayanan, Kantor pelayanan tiket, Imigrasi
Lantai 5 Kantor THAI dan Star Alliance
Lantai 6 Restaurant
Lantai 7 Observation Deck

Penumpang yang tiba di bandara Suvarnabhumi akan diantar mempergunakan bus antar jemput (Shuttle Bus) kedalam ruang kedatangan di lantai dasar. Kemudian naik ke lantai 2 untuk pemeriksaan imigrasi. Setelah menyelesaikan urusan imigrasi masih dalam lantai yang sama anda akan masuk ke ruang pengambilan bagasi.

Setelah mengambil bagasi, anda sudah resmi masuk wilayah hukum Thailand. Anda bebas kemana saja, bisa langusng keluar mencari bus atau taksi untuk pergi ke pusat kota. Atau anda berniat melanjutkan perjalanan anda dengan membeli tiket penerbangan lain. Bisa juga anda ingin sekedar melihat-lihat suasana bandara, atau anda berniat tidur di Bandara.

Jika anda lapar dan ingin mencari tempat makan anda tinggal naik ekskalator le lantai 6. Disana tersedia beberapa kaunter makan dan minum. Ada beberapa cafe yang bisa anda manfaatkan untuk minum atau sekdera bersantai.

Ruang tempat keberangkatan ada di lantai 4. Disini anda bisa temukan puluhan kaunter dari seluruh maskapai dunia ada disini. Anda tinggal melihat dan memilih maskapai yang akan anda pergunakan untuk perjalanan anda selanjutnya. Ruang imigrasi keberangkatan juga ada disini. Lantai 2 adalah dimana tempat anda untuk melanjutkan perjalanan menuju pusat kota. Setelah keluar dari lobi anda akan menemukan kaunter untuk transpotasi bus taksi dan kendaraan pribadi.

Untuk menuju terminal domestik, keluarlah terlebih dahulu dari pintu masuk utama. Kemudian setelah diluar perhatikan dan lihat, disitu ada papan petunjuk “Shuttle Bus to domestic”. Disisi gedung akan terlihat berjejer bus yang diparkir. Bus-bus tersebut akan membawa anda pergi dan kembali dari Terminal utama (Internasional) ke Terminal lokal (Domestik). Waktu tempuh antara kedua terminal tersebut dengan mempergunakan bus antar jemput (Shuttle Bus) adalah sekitar 3-5 menit. Selain mengunakan bus andapun bisa berjalan kaki melalui sisi gedung (footway) menuju terminal domestik, waktu tempuh dengan berjalan kaki sekitar 10-15 menit.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: